biang keringat anak123

5 Langkah Pencegahan Biang Keringat Pada Anak Agar Tak Infeksi

atasi biang keringat anak

Biang keringat pada anak adalah hal yang nyaris selalu dialami hampir semua anak. Apalagi di iklim tropis seperti Indonesia ini, biang keringat atau keringat buntet merupakan penyakit yang akan menghinggapi anak-anak mau tak mau. Meski tak berbahaya (setidaknya untuk tahap-tahap awal), namun biang keringat ini akan membuat anak merasa tak nyaman, dan jika dibiarkan bisa mengakibatkan infeksi. Jadi jangan anggap remeh gangguan kulit ini.

Meskipun keringat buntet pada anak gampang diatasi dan biasanya akan hilang hanya dalam hitungan hari, namun dalam saat-saat langka, gangguan ini bisa menjadi lebih parah. Kalau ruam di kulit anak bukannya membaik namun justru bertambah merah, dan kemudian menunjukkan gejala ini, segera hubungi dokter:

•    Semakin sakit.
•    Anak mengalami demam tinggi dan menggigil.
•    Dari bintik dan benjolan pada ruam muncul nanah.
•    Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di bagian selangkangan serta ketiak.

Daripada menyembuhkan, akan lebih baik jika Anda mencegah biang keringat ini muncul. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1.    Pakaian longgar – berikan anak pakaian yang longgar dan dari serat alami. Hindari bahan sintetis seperti polyester atau nylon karena mudah menyerap panas dan akan membuat anak semakin mudah keringatan.
2.    Hindari tempat panas dan lembab – sebisa mungkin, hindari tempat-tempat seperti itu. Jikalau tak bisa dihindari, setidaknya cari tempat yang sirkulasi udaranya bagus dan ada tempat berteduh.
3.    Banyak minum – dalam situasi panas di atas, banyak minum air putih akan sangat menolong.
4.    Obat antihistamin – bisa mengurangi rasa gatal di kulit.
5.    Lotion kalamine – meredakan iritasi pada kulit dan mengurangi rasa sakit karena keringat buntet.

Jika sudah terlanjur mengalaminya, jaga agar biang keringat pada anak tak semakin parah dengan melakukan pertolongan pertama. Longgar kan pakaian, basuh tubuh anak dengan lap basah, dan mandi kan dengan air suam-suam kuku dan sabun Lifebuoy, kemudian biarkan angin mengeringkan tubuhnya. Cara ini akan cukup efektif dalam meredakan rasa gatal dan tak nyaman karena biang keringat.