Diare Penyakit yang Timbul Jika Tidak Cuci Tangan Pakai Sabun

Diare Penyakit yang Timbul Jika Tidak Cuci Tangan Pakai Sabun

Tipsterpercaya.net – Penyakit diare adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang baik anak-anak maupun orang dewasa namun diare lebih sering menyerang anak-anak yang kekebalan tubuhnya masih lemah. Penyakit yang meyerang saluran pencernaan ini banyak disebabkan karena kotornya lingkungan sekitar dan kurangnya pengetahuan tentang cuci tangan pakai sabun. Diare dapat dicegah dengan kebiasaan sederhana yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun, menurut sebuah penelitian dengan mencuci tangan menggunakan sabun dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab diare yang ada di tangan dan juga dapat mencegah anda terserang diare.

Karena pentingnya cuci tangan pakai sabun untuk mencegah diare maka anda diharapkan juga ikut berpartisipasi untuk melakukan kegiatan ini dan mengajarkan kepada keluarga anda sendiri. Diaren memiliki gejala yaitu encernya kotoran yang dikeluarkan saat buang air besar, frekuensi buang air besar berlebih atau tidak normal, bila sudah parah para penderita diare juga dapat mengalami demam, bila tidak segera ditangani diare dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Penyebab penyakit diare kemungkinan besar disebabkan oleh bakteri yang masuk ke sistem pencernaan, selain itu diare juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lainnya, seperti:

  1. Efek samping dari mengkonsumsi beberapa obat-obatan.
  2. Faktor psikologil seperti gelisah berlebihan.
  3. Mengkonsumsi minuman yang beralkohol dan kopi yang berlebihan.
  4. Keracunan makanan atau mengkonsumsi makanan yang kotor.
  5. Makan-makanan yang terlalu asam ataupun terlalu pedas dalam jumlah besar.

Penyakit diare dapat disembuhkan dengan beberapa cara seperti mengkonsumsi obat-obatan agar bakteri penyebab diare mati. Mencegah penyakit diare dapat dilakukan dengan cuci tangan pakai sabun Lifebuoy, cara ini terbukti dapat membantu mencegah penyakit diare dengan membunuh kuman dan bakteri yang berada di tangan. Mencuci tangan adalah kegiatan sederhana yang dapat membantu anda menjaga kesehatan diri, selain itu mengajarkan cara mencuci tangan yang benar kepada anak juga dapat menjadi salah satu cara mengajarkan salah satu cara hidup sehat kepada anak dan menghindari anak dari penyakit yang berbahaya seperti diare.