Ini Daftar Persiapan Persalinan yang Harus Anda Tahu

Ini Daftar Persiapan Persalinan yang Harus Anda Tahu

Melahirkan merupakan sebuah momen yang sangat bersejarah bagi seorang wanita. Pada peristiwa besar ini seorang Ibu mempertaruhkan nyawanya demi kelahiran sang buah hati. Keseluruhan proses persalinan bisa berjalan lancar dengan persiapan persalinan yang mantap. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh calon ibu, calon ayah serta anggota keluarga lainnya dalam menyambut datangnya anggota baru dalam keluarga.

Persiapan persalinan tidak hanya meliputi hal-hal fisik seperti kondisi ibu, barang-barang yang dibutuhkan dan fasilitas lain terkait proses persalinan itu sendiri. Kesiapan mental serta material yang matang akan membuat kelahiran si buah hati menjadi sebuah hal yang membahagiakan seluruh anggota keluarga.

Ini Daftar Persiapan Persalinan yang Harus Anda Tahu

Persiapan menjelang persalinan bisa dimulai jauh hari sebelum hari perkiraan lahir. Berikut ini beberapa persiapan persalinan yang perlu Anda dan pasangan persiapkan :

  • Cari informasi mengenai berbagai metode persalinan

Anda bisa mencari informasi mengenai beragam metode persalinan yang sekiranya sesuai dengan keinginan serta kondisi Anda. Beberapa metode persalinan ini diantaranya persalinan dalam air, persalinan dengan hypnosis, persalinan normal, persalinan dengan operasi cesar atau metode lainnya. Semua bisa anda persiapkan sebelum mengetahui tabel perkembangan bayi bagi Mom.

  • Ikuti senam hamil atau kegiatan lain yang dapat membantu kelancaran persalinan

Apabila Anda sudah memasuki trimester terakhir kehamilan, sebaiknya Anda memperbanyak aktivitias fisik seperti berjalan-jalan atau senam. Bergerak aktif terbukti dapat membantu melancarkan proses persalinan karena mampu memposisikan bayi di dalam rahim pada posisi yang tepat.

  • Tentukan rencana lokasi persalinan serta tenaga medis yang akan menangani

Anda tentu tidak ingin bingung menentukan tujuan ketika tiba saatnya melahirkan. Usahakan Anda dan pasangan sudah mendiskusikan rencana persalinan dengan matang. Rencana ini meliputi lokasi-lokasi terdekat dari rumah yang sekiranya bisa dituju ketika waktu melahirkan sudah tiba.

  • Usahakan selalu ada orang lain yang menemani calon ibu mendekati hari perkiraan lahir

Jangan biarkan calon ibu sendirian selama waktu-waktu mendekati persalinan. Segala hal bisa terjadi secara mendadak, maka selalu pastikan ada orang lain yang menemai dan dapat langsung mengambil tindakan jika sewaktu-waktu calon ibu memerlukan penanganan segera.

  • Persiapkan segala keperluan pribadi di dalam satu tas yang siap jinjing

Semua peralatan sebaiknya sudah disusun rapi di dalam tas sehingga bisa langsung dibawa pada kondisi darurat.  Hindari menggunakan tas kecil dalam jumlah banyak karena dikhawatirkan akan tercecer.

Selain keperluan sang ibu, dalam persiapan persalinan Anda juga perlu mempersiapkan segala peralatan serta keperluan bayi yang baru lahir di dalam tas Anda.