Jenis dan Penyebab Penyakit Gatal

Gatal adalah fenomena yang bisa terjadi pada siapa saja. Fenomena gatal terjadi karena seseorang ingin menggaruk daerah tertentu pada tubuhnya. Garukan tersebut kemudian akan menyebabkan kulit tubuh menjadi luka sehingga menimbulkan infeksi yang memungkinkan gatal tersebut menjadi penyakit yang lebih buruk. Gatal biasanya disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab penyakit gatal paling banyak adalah kotoran yang menempel pada tubuh.

Penyakit gatal tidak boleh Anda remehkan karena jika dibiarkan bisa membawa Anda pada penyakit yang lebih serius. Luka garukan bisa terinfeksi oleh bakteri dan organisme mikro lainnya. Meskipun penyebab gatal umumnya adalah kotoran, namun gatal juga bisa disebabkan oleh hal lain.

Berikut ini adalah jenis-jenis gatal beserta penyebab penyakit gatal:

  • Gatal akut. Penyakit gatal akut biasanya muncul dalam jangka waktu kurang dari enam minggu. Jenis gatal ini bisa terjadi akibat gigitan serangga, alergi obat, maupun faktor internal lain.
  • Gatal kronis. Penyakit gatal jenis ini penyebabnya sulit untuk diketahui. Penyakit gatal jenis ini bisa memicu penyakit dalam seperti muntah, diare dan gangguan pernafasan.
  • Gatal konflik. Jenis gatal iini disebabkan oleh interaksi kondisi fisik tubuh dengan allergen. Contohnya adalah panas, cuaca dingin, radiasi matahari dan lain-lain.
  • Penyakit gatal ini terjadi karena kulit terganggu oleh allergen sehingga menyebabkan penyakit gatal seperti kudis, kadas, eksim, cacar air dan lain-lain. Penyakit gatal jenis ini biasanya disebabakan karena kebersihan tubuh yang kurang dijaga atau tubuh sangat sensitif terhadap allergen.

Diantara beberapa jenis penyakit gatal di atas, penyakit yang paling umum dijumpai adalah penyakit gatal dermatologi. Penyakit tersebut bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan tubuh sebaik mungkin sehingga penyebab penyakit gatal tersebut tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Anda bisa mencegah penyakit gatal dermatologis dengan menggunakan sabun Lifebuoy yang terbukti mampu membersihkan tubuh Anda dan menghilangkan kuman penyebab penyakit hingga 99,9%. Selain itu, teknologi yang digunakan juga sudah mutakhir sehingga Anda bisa terlindung dari berbagai penyakit termasuk gatal.