Langkah Mengawali Jadi Seorang Vegetarian

Menjalankan pola makan vegetarian tidak dapat dilakukan secara sembarangan oleh para pemula yang sebelumnya tidak pernah sama sekali menjalani pola makan ini. Vegetarian tidaklah lain adalah sebuah pola makan sehat dengan mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan meminimalisir bahkan menjauhi konsumsi makanan produk hewani. Terdapat banyak efek positif yang bisa didapatkan oleh kesehatan tubuh dari menerapkan pola makan vegetarian ini. Akan tetapi, untuk mencoba dalam mengawali menjadi seorang vegetarian, hal ini tidak dapat dilakukan secara terburu-buru. Justru jika dilakukan secara terburu-buru dan secara drastis menjauhi makanan produk hewani, hal ini bisa malah mendatangkan efek yang kurang baik untuk kesehatan. Pelajari terlebih dahulu seperti apa pola makan vegetarian itu, pertimbangkan mana yang tepat dan juga mampu untuk kamu jalankan. Nah, berikut ini sedikit panduan dan tips dalam memulai untuk menjalani pola makan vegetarian :

  1. Mulai kurangi konsumsi makanan produk hewani dengan bertahap. Naikkan konsumsi makanan yang berasal dari nabati setiap minggunya. Contohnya saja nasi dengan sup ayam ataupun masakan sayur yang lainnya.
  2. Siasati dengan cermat untuk mencari pengganti konsumsi daging. Kreasikan sebuah resep yang jadi favoritmu, akan tetapi kalau biasanya lebih sering menyertakan daging, kali ini kreasikan resep masakan yang tanpa menyertakan daging. Perbanyak menyertakan jenis sayuran ataupun kacang-kacangan dan melengkapinya dengan buah. Contohnya saja mengganti menu makan yang biasanya menyertakan daging, tapi kini diganti dengan tahu atau tempe.
  3. Kalau keseharianmu cukup sering makan di restoran, ini memang bukan sebuah masalah yang berarti. Namun, untuk memulai jadi seorang vegetarian, cobalah untuk meminimalisir. Selain itu, saat ke restoran, carilah yang menyajikan menu sehat maupun menu yang tidak menyertakan produk hewani. Contohnya saja menu mie dengan sayur dan kamu bisa meminta menu khusus di restoran dengan tidak menyertakan produk hewani pada makanan yang kamu pesan.
  4. Gali lebih banyak informasi mengenai aneka resep masakan untuk vegetarian. Bisa lewat buku resep masakan sehat, lewat internet ataupun lewat saran dari kerabat terdekat yang juga menjalankan pola makan vegetarian. Pelajari dan coba untuk kreasikan sendiri di rumah.
  5. Variasikan makananmu meskipun hanya dengan makanan produk nabati. Semakin bervariasi makanan produk nabati yang kamu konsumsi, maka pola makan vegetarian akan dapat berjalan dengan baik dan akan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi. Sehingga dampak positif untuk kesehatan pun dapat diperoleh.