Macam-macam Penyebab Hipertensi dan Penanganannya

penyebab hipertensi

Apa Itu Hipertensi?

Hipertensi adalah penyakit kronis yang ditandai oleh tingginya tekanan darah hingga berada di level di atas normal. Titik normal tekanan darah manusia adalah sekitar 120 / 80 mm HG. Namun angka tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan berat badan dan tinggi orang tersebut. Pada penderita hipertensi, tekanan darah dapat mencapai 180 mm HG lebih sehingga mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan dan semakin tingginya resiko terkena penyakit yang lainnya. Untuk dapat menghindari terjadinya tekanan darah yang tinggi tersebut seseorang harus mengetahui dan menghindari penyebab hipertensi terutama pada makanan dan pola hidupnya.

Penyebab Hipertensi

Penyebab penyakit hipertensi dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Dari faktor internal penderita biasanya yang menjadi penyebab tingginya tekanan darah adalah:

  • Kegemukan.
  • Usia.
  • Genetik.
  • Adanya penyakit lain misalnya kolesterol.
  • Stress.

Sedangkan pada faktor-faktor eksternal yang dapat menyebabkan hipertensi adalah:

  • Kebiasaan merokok.
  • Merokok.
  • Pola makan yang tidak sehat.

Dari kesemua faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, faktor makanan dan pola hiduplah yang sangat memegang peranan penting dalam menentukan tingkat keparahan hipertensi. Jika seseorang memiliki keturunan hipertensi namun dapat menjaga pola makan dan aktivitasnya sehari-hari, maka ia dapat mengatasi hipertensi dengan lebih baik dari pada orang yang tidak dapat mengontrol pola makan dan aktivitasnya. Selain itu faktor lain yang juga berhubungan adalah adanya penyakit seperti kolesterol dan penyakit gula darah. Ketiga penyakit ini saling berkaitan dan satu penyakit dapat menyebabkan penyakit yang lainnya. Hal tersebut karena ketiganya sama-sama sebagai penyakit gangguan pembuluh darah.

Untuk mencegah penyakit hipertensi ini berada dalam tubuh, kita sebaiknya menghindari yang menjadi penyebab hipertensi contohnya seperti makanan tinggi garam. Diet garam dalam makanan menjadi penting apalagi jika tekanan darah Anda sudah tinggi atau memiliki orang tua dengan riwayat hipertensi. Mengkonsumsi makanan rendah garam seperti mie kering Tropicana Slim dapat menjadi pilihan menu makanan yang sehat sebagai pengganti menu makanan Anda sebelumnya.