gejala bronkitis sedini mungkin

Mengenali Gejala Bronkitis Sedini Mungkin

Bagi anda yang masih bingung dengan apa yang dimaksud penyakit bronkitis dan apa saja gejala – gejala yang terjadi pada penderitanya, anda sebaiknya mencari informasi sebanyak – banyaknya sedini mungkin tentang  gejala sakit bronkitis agar penanganannya dapat dilakukan lebih awal.

Penyakit bronkitis sendiri termasuk sebagai salah satu penyakit pernafasan yang dapat terjadi karena adanya infeksi pada bronkus atau saluran pernafasan utama dari paru – paru. Kemudian infeksi yang terjadi ini menyebabkan peradangan atau inflamasi pada saluran pernafasan atau bronkus tersebut.

Gejala bronkitis yang terjadi diantaranya seperti trejadinya batuk yang disertai lendir yang seringnya berwarna kuning keabu – abuan atau bahkan hijau dan berlangsung lama, terasa sakit pada tenggorokan, mengalami sesak nafas, hidung menjadi beringus atau tersumbat, merasakan rasa sakit atau rasa tidak nyaman pada dada, merasa kelelahan, dan terjadi demam. Untuk gejala demam, pada dasarnya segala macam penyakit menyebabkan demam, hal ini karena terjadi perlawanan terhadap penyakit yang dilakukan oleh imun tubuh.

Mengenali Gejala Penyakit Bronkitis Sedini Mungkin

Penyakit bronkitis sendiri sebenarnya dikategorikan menjadi dua jenis yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis. Untuk bronkitis akut biasanya terjadi selama dua sampai tiga minggu, sedangkan pada bronkitis kronis terjadi kurang lebih selama tiga bulan dan biasaya dapat berulang tiga bulan lagi pada tahun berikutnya.

Penyakit bronkitis akut biasanya merupakan penyakit yang paling umum terjadi dan juga paling sering menyerang anak –anak berusia di bawah 5 tahun. Sedangkan penyakit bronkitis kronis lebih sering terjadi pada orang dewasa di atas usia 40 tahun.

Pada dasarnya penyakit bronkitis akut terjadi karena adanya infeksi paru – paru yang umumnya disebabkan oleh virus yang kemudian akan memicu terjadinya iritasi dan peradangan pada bronkus. Sedangkan penyakit bronkitis kronis umumnya disebabkan karena kebiasaan merokok. Cara pengobatannyapun berbeda antara bronkitis akut dan bronkitis kronis. Untuk bronkitis akut biasanya hanya perlu diobati ringan karena akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Sedangkan untuk bronkitis kronis setidaknya akan bertahan selama tiga bulan dan obat untuk meyembuhkannya belum ada, yang ada hanya obat yang bisa meredakan gejalanya.

Mengetahui bahwa virus ternyata dapat menyebabkan penyakit bronkitis, alangkah baiknya jika anda senantiasa menjaga kebersihan diri anda dengan sabun Lifebouy yang terbukti dapat membunuh virus dan kuman pada tubuh. Selain itu anda juga sebaiknya menghindari rokok sebagai bentuk pencegahan secara maksimal.