Mengenali Penyebab penyakit disentri

Disentri merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang harus segera ditangani. Semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak sama beresiko terjangkit penyakit menular berbahaya ini. Keadaan lingungan yang tidak bersih serta polusi bisa menjadi penyebab berkembangbiaknya bakteri disentri.

Penyebab penyakit disentri pada umumnya disebabkan oleh bakteri Shigella dan E. Coli. Pada beberapa kasus, penyebab penyakit disentri juga bisa disebabkan karena amoeba. Bakteri atau mikroorganisme ini bisa menyebar dari satu orang ke yang lain. Sehingga dalam kasus penyakit disentri orang pertama yang akan tertular penyakit ini adalah keluarga. Bakteri ini menyebabkan radang pada usus yang menyebabkan rasa sakit pada perut dan buang air besar secara terus menerus yang disertai darah karena usus mengalami luka. Penyakit disentri ini menyebabkan penderita mengalami dehidrasi.

Penyebaran penyakit disentri ini disebabkan karena orang mengonsumsi makanan maupun air yang telah terkontaminasi oleh bakteri ini. Wilayah dengan sistem sanitasi yang tidak memadai juga rawan terjangkit oleh penyakit ini. Di setiap negara,bakteri endemik yang berkembang biak juga berbeda sehingga jenis penyakit disentrinya juga berbeda. Gaya hidup yang kurang bersih juga bisa menjadi penyebab penyakit disentri seperti tidak mencuci tangan dengan sabun seperti lifebuoy sebelum makan, menggunakan air yang tercemar serta tidak menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan kumuh bisa menjadi tempat bakteri dan mikroorganisme disentri berkembang biak.