Menjaga Kesehatan Anak Lewat Membiasakan Cuci Tangan dengan Benar

Menjaga Kesehatan Anak Lewat Membiasakan Cuci Tangan dengan Benar

Masyarakat tidak sedikit yang meremehkan manfaat dari mencuci tangan, yang mana memang kegiatan yang satu ini adalah sebuah kegiatan yang sangat sederhana. Padahal meskipun sederhana, mencuci tangan punya manfaat yang sangat besar, dan ini bukan hanya disarankan untuk dilakukan oleh orang dewasa saja, anak-anak juga tidak kalah penting. Anak-anak yang memiliki daya tahan tubuh masih kurang maksimal sangat rentan terserang penyakit yang disebabkan oleh kuman, terlebih kuman dari tangannya. Oleh sebab itu, para orang tua harus dapat dengan baik menjaga kesehatan sang buah hatui dari hal yang terkecil, yakni mencuci tangan secara benar melalui cuci tangan 7 langkah. Cuci tangan yang benar memang dilakukan dengan 7 langkah yang didalamnya tidak boleh ketinggalan adalah menggunakan sabun antibakteri seperti Lifebuoy yang efektif untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Jika hanya sekedar membasahi tangan dengan air akan kurang maksimal hasilnya.

Kita menyadari bahwa anak-anak usia 5-10 tahun adalah usia dimana mereka disibukkan dengan aktivitas bermain-main, baik di dalam rumah dengan mainannya sendiri dan bahkan diluar rumah yang malah rentan dengan banyaknya kuman, debu. Untuk melindungi mereka dari serangan kuman penyebab penyakit bukanlah melarang mereka untuk bermain. Bermain sudah menjadi kegiatan yang lumrah dilakukan anak-anak di usia sekian. Biarkan mereka bergerak aktif di masa pertumbuhannya. Selalu ajarkan cuci tangan 7 langkah dengan benar supaya kebiasaan sehat juga diterapkan oleh anak anda.

Berikan pemahaman terlebih dahulu kepada anak-anak pentingnya mencuci tangan dengan benar. Berikan pemahaman juga darimana kuman berasal dan bisa beralih ke dalam tubuh yang kemudian menyebabkan penyakit. Kuman bisa berasal dari tangan yang kotor setelah memegang benda-benda yang punya potensi besar dihinggapi kuman, kemudian makanan yang terkontaminasi, kontak dengan orang yang sedang sakit, batuk dan juga bersin. Nah, lantaran anak lebih rentan untuk terserang penyakit, maka biasakan mereka untuk selalu cuci tangan 7 langkah secara benar pada banyak waktu. Ketika tangannya kotor, kemudian sebelum dan sesudah makan, sesuadah memakai kamar mandi, setelah batuk maupun berin, setelah menyentuh barang-barang yang sekiranya berdebu ataupun kotor, sepualng bermain dari rumah, setelah mengunjungi orang sakit, setelah memegang hewan peliharaan.

Baca Juga : Konsultasi Kesehatan Anak Yang Simple