Menurunkan Berat Badan Dengan Makan Bayam

Menurunkan Berat Badan Dengan Makan Bayam

Bayam menjadi salah satu sayuran berdaun hijau yang sudah tidak asing di telinga dan lidah semua orang. Ini dikarenakan, bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang relatif murah dan mudah di dapatkan oleh semua ibu rumah tangga di pasar tradisional maupun di pasar modern. Segenap anggota keluarga tentu tidak akan menolak, jika bayam menjadi menu harian dalam daftar makanannya. Karena faktanya, bayam memang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh seseorang. Bayam memiliki berbagai kandungan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh seseorang. Berbagai nutrisi yang di maksud yaitu sumber vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, serat,, kalsium dan protein serta rendah kalori. Berbagai kandungan nutrisi  tersebut menjadikan bayam menjadi salah satu makanan bernutrisi lengkap yang pernah ada di bumi ini.

Bayam selama ini dikenal sebagai salah satu sayuran yang kaya zat besi dan baik dikonsumsi untuk kesehatan. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa bayam tak hanya membantu menyehatkan tubuh melainkan juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan makan bayam. Penelitian yang dilakukan oleh Lund University di Swedia menemukan bahwa bayam diketahui bisa menekan kebiasaan ngemil hingga 95 persen. Ekstrak bayam mengandung membran hijau daun yang disebut thylakoids. Membran ini meningkatkan kemampuan tubuh untuk menurunkan berat badan hingga 43 persen. Hasil ini didasarkan oleh pengamatan peneliti terhadap 38 wanita yang kelebihan berat badan.

Kebiasaan ngemil adalah salah satu masalah yang sulit dihindari oleh orang yang kelebihan berat badan dan seringkali menyebabkan diet gagal. Thylakoids akan meningkatkan produksi hormon kenyang pada tubuh dan mencegah kebiasaan ngemil. Berdasarkan hasil Analisis menunjukkan bahwa mengonsumsi thylakoids sebelum sarapan akan mencegah kebiasaan ngemil, membuat orang lebih cepat kenyang, mengontrol nafsu makan mereka dan membantu menurunkan berat badan. Pada penelitian ini kelompok kontrol berhasil menurunkan berat badan hingga 3,5 kilogram sementara kelompok yang mengonsumsi thylakoids berhasil menurunkan berat badan hingga lima kilogram. Jika Anda termasuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, tak ada salahnya mulai banyak makan bayam sekarang.