Pengaruh Sektor Pembangunan Terhadap Sektor Pertanian di Indonesia Saat Ini

Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk kedalam kategori negara berkembang. Meskipun negara Indonesia adalah negara berkembang, namun beberapa sektor di Indonesia sudah mengalami banyak kemajuan. Salah satu sektor yang berkembang cukup pesat yaitu sektor pertanian. Sektor pertanian di Indonesia saat ini terbilang sangat maju dengan berbagai macam ide-ide cemerlang yang digagas para ilmuwan bahkan para petani sehingga bisa meningkatkan penghasilan maupun bibit dnegan kualitas yang unggul. Majunya sektor pertanian Indonesia juga didukung oleh wilayah Indonesia yang sangat strategis. Indonesia selain dikenal dengan negara seribu pulau juga dikenal sebagai negara agraris dimana hampir seluruh masyarakatnya memiliki manta pencaharian utama sebagai petani.

Sebagai negara berkembang tentu akan meningkatkan berbagai macam pembangunan guna meningkatkan dan memajukan negara Indonesia. Namun pada realisasinya, beberapa sektor pembangunan berpengaruh besar terhadap sektor pertanian di Indonesia saat ini. Pesatnya sektor pembangunan negara ini mempengaruhi sektor pertanian di Indonesia. Anda bisa melihat beberapa fenomena yang baik disengaja maupun tidak disengaja dari pengaruh sektor pembangunan terhadap sektor pertanian. Salah satu yang pernah dirasakan yaitu pembakaran hutan yang dilakukan di beberapa wilayah Indonesia. Indonesia tidak hanya negara agraris yang memiliki lahan pertanian sangat luas dari berbagai jenis. Tetapi, Indonesia juga merupakan negara tropis yang memiliki banyak sekali wilayah yang masih berupa hutan. Hutan-hutan ini juga beberapa diantaranya merupakan lahan pertanian rakyat Indonesia.

Pembakaran hutan yang sering terjadi di Indonesia selain disebabkan oleh perubahan iklim yang yang sangat ekstrim juga sebagai salah satu cara untuk mendirikan bangunan yang berupa rumah maupun industri. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi kualitas serta kuantitas dari sektor pertanian di Indonesia saat ini. Pengaruh tersebut karena tidak sesuainya kebijakan-kebijakan pemerintah Indonesia saat ini. Kebijakan mengenai pembangunan maupun kebijakan mendirikan bangunan sebagai lahan industri. Sektor pembangunan ini justru berdampak negatif terhadap sektor pertanian Indonesia. Dampak yang dirasakan tentu saja lahan pertanian Indonesia yang makin berkurang. Dengan berkurangnya jumlah lahan di Indonesia juga berpengaruh terhadap kuantitas dari hasil bumi Indonesia. Berkurangnya hasil bumi Indonesia ini akan berakibat pada sektor perekonomian di Indonesia. Dengan hasil bumi yang berkurang, membuat hasil bumi tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia yang sudah sangat membludak. Pada akhirnya, Indonesia harus mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia dengan meminta barang dari luar negeri atau biasa disebut dengan import.

Selain itu, kebijakan pemerintah yang kurang baik diterapkan mengenai sektor pembangunan yaitu dengan menghanguskan lahan pertanian guna mendirikan pabrik atau industri. Dengan tidak siapnya masyarakat dan pemerintah Indonesia dalam menghadapi pasar internasional sehingga tak sedikit wilayah Indonesia dijadikan sebagai tempat untuk mendirikan usaha asing. Misalnya saja pabrik tekstil dna berbagai macam pabrik lainnya. Pabrik ini juga bisa mempengaruhi sektor pertanian di Indonesia saat ini. Air limbah buangan dari pabrik yang akan dibuang secara bebas akan mengotori lahan pertanian masyarakat. Sehingga kualitas hasil bumi Indonesia makin menurun. Menurunnya kualitas pertanian ini disebabkan oleh tercemarnya air yang digunakan untuk mengairi sawah maupun lahan pertanian Indonesia. Tak hanyaa air, tanah juga bisa terkontaminasi.

Hal yang harus pemerintah lakukan yaitu dengan mengadakan kebijakan yang sesuai dan terarah sehingga mengurangi beberapa masalah di Indonesia. Misalnya saja dengan bekerjasama bersama BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) sehingga berbagai macam kebijakan Indonesia bisa sesuai dengan berbagai macam sektor termasuk memperbaiki sektor pertanian di Indonesia saat ini.