Perlunya Konsumsi Makanan Sehat Agar Terhindar dari Penyakit

Perlunya Konsumsi Makanan Sehat Agar Terhindar dari Penyakit
Perlunya Konsumsi Makanan Sehat Agar Terhindar dari Penyakit

Berbagai makanan sehat selama ini selalu dianjurkan agar dikonsumsi. Tujuannya tentu adalah agar tubuh makin sehat dan bugar. Selain alasan tersebut, ragam makanan yang sehat ini juga penting untuk dikonsumsi agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Gangguan kesehatan dapat terjadi kapan saja apabila kita tidak menjaga diri dengan baik. Tak jarang beberapa penyakit muncul karena kita mengonsumsi makanan yang kurang sehat atau bahkan tidak memiliki kandungan gizi sama sekali, sementara makanan bergizi justru tidak diasup ke dalam tubuh.

Jenis penyakit yang dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi makanan sehat di antaranya adalah gangguan pencernaan. Pencernaan dapat menjadi tidak sehat apabila terus mengonsumsi makanan-makanan tertentu dengan kadar asam tinggi. Maag juga dapat terjadi terutama apabila kita telat makan. Gangguan pencernaan lain meliputi sembelit yang terjadi akibat kekurangan serat dari sayuran serta buah-buahan. Diare juga bisa terjadi apabila tubuh kita kekurangan cairan. Konsumsi makanan yang sehat akan membuat pencernaan lancar dan berbagai gangguan kesehatan tidak akan terjadi.

Penyakit lain yang dapat terjadi adalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Hal ini terjadi apabila tubuh kekurangan zat besi. Zat besi sendiri bisa didapat lewat konsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau. Kurang konsumsi sayuran hijau berarti kekurangan zat besi di samping serat dan berbagai vitamin serta mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Anemia sendiri bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan loyo sehingga tidak bersemangat dalam melakukan kegiatan apapun. Akibat dari penyakit ini adalah produktivitas akan menurun.

Kekurangan makanan sehat tidak hanya akan berimbas pada menurunnya kesehatan namun juga kecantikan. Kurang minum air putih, misalnya, bisa membuat kulit kusam dan bibir pecah-pecah. Keduanya tentu dapat mengurangi penampilan tubuh terutama apabila kita termasuk orang yang begitu memperhatikan penampilan. Memang kecantikan luar dapat ditunjang dengan make up dan perawatan lain, namun perawatan dari dalam dengan konsumsi makanan yang sehat juga akan sangat membantu dan lebih bertahan lama. Selain itu perawatan dari dalam juga terbilang lebih murah dan mudah.

Konsumsi suplemen sebagai tambahan juga dapat dilakukan untuk membantu mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Suplemen ini kini tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari tablet hingga susu yang semuanya siap konsumsi. Salah satu produk suplemen yang dapat dikonsumsi adalah susu L-Men. Manfaat utamanya ialah untuk menambah massa otot sehingga dapat membantu kita yang berat badannya masih di bawah ideal. Konsumsi rutin dengan diimbangi makanan sehat yang seimbang serta cukup olahraga dan istirahat akan membuat berat badan perlahan menuju angka ideal. Selain itu, berbagai penyakit juga tidak akan mendekati kita.

Baca Juga : Makanan Sehat untuk Fitnes yang Baru Mulai