Sayuran pencegah penyakit hipertensi

Sayuran pencegah penyakit hipertensi

Cara mencegah penyakit hipertensi – 60% penderita penyakit hipertensi berakhir dengan stroke. Akan tetapi untuk menghindari hal tersebut masih ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah penyakit hipertensi tersebut. Yang paling penting  yaitu anda perlu mengubah konsumsi makanan sehari-hari. Hentikan konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang dapat memicu penyakit hipertensi.

Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran yang segar yang dapat anda konsumsi sebagai cara menjaga penyakit hipertensi. Di antara sayuran hijau yang mampu mengobati dan mencegah penyakit hipertensi tersebut antara lain :

  • Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Selain itu bayam juga memiliki kandungan kalium. Zat kalium merupakan zat yang sangat baik yang mampu mengurangi efek dari tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  • Bawang putih

Bawang putih selain digunakan sebagai bumbu dapur dan penyedap masakan, bawang putih ternyata sangat baik dalam membantu menyembuhkan dan mencegah terjadinya penyakit hipertensi. Bawang putih telah terbukti mampu mencegah terjadinya proses pembekuan darah dan mampu menahan efek yang ditimbulkan oleh darah tinggi pada tubuh. Selain itu bawang putih juga termasuk makanan rendah kolesterol yang dapat membantu untuk mengurangi sumbatan pada jantung.

  • Buncis

Buncis merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang membantu dalam mengobati penyakit hipertensi. Buncis memiliki berbagai kandungan mineral dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Seledri

Seledri memiliki kandungan kalium dan kalsium yang cukup tinggi yang mampu untuk membantu dalam menyembuhkan hipertensi. Mengkonsumsi seledri dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Selain itu seledri juga dapat dikonsumsi sebagai cara mencegah penyakit hipertensi.

  • Kentang

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Didalam kentang juga mengandung magnesium serta potasium. Kedua zat tersebut sangat berguna dalam mengontrol tekanan darah tinggi. Zat magnesium juga dapat memperlancar aliran darah.

  • Tomat

Tomat memiliki kandungan gizi vitamin dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Tomat mengandung kalium, kalsium serta vitamin C yang dapat membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga : Tanaman herbal untuk mengatasi diabetes