Skoliosis

Tips Mencegah Terjadinya Kelainan Tulang Punggung

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh skoliosis membuat penderitanya menjadi kurang nyaman dan tidak bisa beraktivitas dengan normal. Tubuh yang sehat adalah idaman semua orang, sayangnya gangguan kesehatan seolah menjadi warna kehidupan. Hampir semua orang yang ada di dunia ini pernah jatuh sakit dan disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa penyakit tergolong ringan dan mudah untuk disembuhkan serta tidak membutuhkan waktu lama. Sementara jenis penyakit lainnya memiliki sifat kebalikan.

Penyakit yang dialami oleh setiap orang tentunya berbeda, ada faktor pemicu munculnya penyakit tersebut. Penyakit atau kelainan tulang belakang misalnya dipicu oleh kebiasaan duduk dan beberapa kasus terjadi pada bayi yang baru lahir. Sementara itu kondisi tulang belakang bisa dijaga dengan pencegahan sebagai berikut:

  1. Menghindari beban berlebihan di bagian punggung

Punggung Kita sebaiknya dijaga selayaknya area tubuh yang lainnya, sebab punggung yang bagus mendukung penampilan sempurna. Usahakan ketika beraktivitas tidak menempatkan beban berat di punggung, salah satunya dari beban bawaan. Punggung yang terlalu banyak tekanan akan lebih mudah untuk berubah bentuk, atau membengkok.

  1. Melakukan olahraga untuk memperkuat oto punggung

Mengupayakan untuk menghindari penyakit tulang belakang bisa dilakukan dengan melakukan olahraga. Adapun jenis olahraga yang sebaiknya dilakukan ialah jenis yang mampu menguatkan otot di bagian punggung. Otot punggung yang kuat terbukti mampu menekan kemungkinan terjadinya masalah pada punggung. Entah itu gangguan kesehatan seperti pegal-pegal, keseleo di area punggung, dan juga pembengkokan punggung. Lakukan olahraga secara rutin, mulailah dengan hitungan terbatas dan ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

  1. Menguatkan tulang dengan makanan

Makanan yang tepat ternyata mampu menguatkan tulang belakang sehingga menekan kemungkinan terjadinya kelainan di area ini. Makanan dengan kandungan vitamin dan mineral mampu menjadikan tulang di bagian punggung lebih kuat. Adapun jenis makanan tersebut antara lain kacang kedelai dan usahakan dimakan usai direbus tanpa menggunakan penyedap atau garam. Bisa pula dengan mengkonsumsi ikan sarden atau salmon yang semuanya mampu menjaga kondisi tulang tetap baik. Mencegah munculnya skoliosis ternyata cukup mudah namun tetap memerlukan kedisiplinan.