menjaga kesehatan mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ tubuh yang termasuk dari salah satu kelima indera yang sangat penting untuk manusia. Tapi, terkadang banyak yang lupa akan perawatannya. Terutama perawatan pada mata. Padahal mata adalah satu indera yang sangat penting untuk manusia. Akibatnya, banyak gangguan mata yang seringkali muncul akibat kurangnya merawat kesehatan mata. Seperti misalnya ada gangguan mata lelah, minus, sakit mata, dan lain sebagainya.

Seiring bertambahnya usia manusia, kemampuan dari akomodasi mata lama-kelamaan akan sering berkurang. Mata adalah satu anggota tubuh sebagai anugrah yang terindah Tuhan yang tidak ternilai harganya. Sebagai wujud rasa syukur, sudah sepantasnya kita merawat mata dengan sangat baik. Karena merawat mata sangatlah mudah dalam melakukannya, bisa dimanapun dan kapanpun. Serta tidak membutuhkan banyaknya biaya.

Dalam menjaga kesehatan mata, Anda bisa menggunakan beberapa tips berikut ini:

  • Dengan menggunakan mentimun, Anda bisa dengan meng-iris nya dengan tipis, kemudian dipakai untuk meng kompres mata Anda. akan lebih bagus lagi jika mentimun tersebut sudah dimasukkan kedalam kulkas terlebih dahulu. Cara menggunakannya bisa dengan meng kompres mata dengan irisan mentimun selama 15 menit.
  • Kandungan dalam wortel sangat banyak vitamin A nya. Kandungan tersebut bisa bermanfaat agar mengurangi resiko degeneracy mata pada manusia.
  • Sayuran hijau tua. Sayuran yang berwarna hijau tua sangat banyak mengandung zeaxanthin dan luetin. Yang bisa mengurangi resiko terjadinya katarak dan juga degeneracy pada daya penglihatan yang biasanya disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada pusat retina mata.
  • Olahraga, serta mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung multivitamin seperti Vitamin E, C, B6 dan B12.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat mata Anda agar selalu sehat. Selain dengan melakukan perawatan, Anda juga bisa dengan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kesehatan mata terganggu. Seperti terlalu lama menatap layar laptop, sering beraktivitas di luar ruangan tapi tidak memakai kacamata pelindung, terlalu sering menggunakan tetes mata hingga ketergantungan, dan masih banyak lagi yang bisa menyebabkan gangguan mata.