Tips Menyediakan Makanan Rendah Lemak yang Enak dan Sehat

Makanan Rendah Lemak

 

Makanan Rendah Lemak Untuk Diet

Ketika memutuskan untuk berdiet, sebagian besar orang hanya berpikiran untuk mengurangi konsumsi karbohidrat atau protein saja, atau cenderung memperbanyak makan buah dan sayur tanpa menyeimbangkan asupan nutrisi lainnya. Padahal karbohidrat dan protein itu juga penting dan tidak boleh dienyahkan begitu saja. Begitu juga lemak, karena tidak semua lemak itu jahat. Yang tidak baik adalah asam lemak tak jenuh yang memicu kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips untuk menyediakan makanan rendah lemak yang tetap enak dan sehat, tanpa takut diet Anda gagal:

1. Menu sarapan.

Menu sarapan untuk diet yang sehat bukanlah nasi, meski dalam porsi yang sangat kecil. Begitu juga makanan yang berminyak. Lebih baik sediakan susu low fat atau bisa juga dengan susu nabati seperti susu kedelai atau susu almond dengan roti gandum atau sereal yang dicampur dengan buah-buahan segar seperti berries atau apel. Hindari pemakaian margarin, selai kacang atau cokelat. Lebih baik ganti dengan selai buah.

2. Menu makan siang.

Menu makanan kategori rendah lemak untuk makan siang cukup variatif pilihannya. Bisa dengan seporsi kecil nasi (lebih baik nasi merah) atau kentang tumbuk. Untuk lauknya, Anda bisa sediakan daging ayam tanpa lemak dan kulit yang dipanggang, dikukus atau digoreng dengan minyak yang sangat sedikit. Untuk sayuran juga, lebih baik