Waspadai Gejala Diabetes Sejak Dini

Waspadai Gejala Diabetes Sejak Dini

Diabetes melitus adalah suatu penyakit yang disebabkan karena kurang peduli terhadap pola makan. Sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi dan tidak terkontrol. Kenali diri Anda dari tanda-tanda penyakit diabetes. Mengkonsumsi banyak makanan manis dapat menimbulkan berbagai penyakit terutama diabetes melitus. Ada bebrapa gejala diabetes yang perlu Anda ketahui.

  • Mudah lelah

Hal yang pertama yang harus Anda perhatikan adalah ondisi tubuh Anda yang mudah lelah. Apabila Anda merasa sudah cukup istirahat namun badan Anda tidak sanggup lagi untuk beraktivitas dan mudah lelah Anda harus lebih berhati-hati. Bisa jadi ada salah satu organ Anda yang bermasalah. Misalnya ginjal tidak berfungsi dengan baik atau Anda sering merasa letih. Anda harus mengecek kondisi tubuh Anda.

  • Berat badan menurun.

Bagi yang mengalami obesitas maupun yang memiliki berat badan berlebih mungkin akan merasa senang. Namun bagaimana jika berat badan Anda turun secara drastis? Menurunnya berat badan Anda yang tidak seimbang dengan porsi makan Anda bisa menjadi salah satu gejala diabetes. Gejala ini biasanya terjadi pada penderita diabetes kering. Hal ini dapat terjadi karena tubuh tidak mampu menyerap glukosa dengan benar.

  • Warna kulit menjadi gelap

Waspadai apabila Anda menemukan warna kulit yang warnanya lebih gelap. Biasanya di sekitar leher bagian belakang. Ini merupakan salah satu tanda diabetes. Hal ini bisa terjadi karena banyak sekali pigmen yang dihasilkan oleh insulin yang menyebabkan masalah kulit yang lainnya. Diabetes juga mempengaruhi sirkulasi dara yang membuat kelenjar keringat mengalami disfungsi. Sehingga kulit terasa gatal, bersisik, iritasi bahkan menjadi kering.

  • Luka susah menutup

Gejala ini biasanya terjadi pada penderita diabetes basah. Berbeda dengan penderita diabetes kering yang mengalami peyusutan berat badan tanpa luka. Pada penderita diabetes basah jika terluka, luka tersebut akan susah mennutup. Hal ini terjadi karena banyaknya kandungan glukosa pada plasma darah yang mengakibatkan terhambatnya kinerja trombosit untuk menutup luka.

Dengan mengetahui sejak dini gejala-gejala diabetes Anda bisa mengobatinya dengan cepat dan tepat tanpa harus menunggu lebih parah lagi.